5 Pemain Sepakbola Dunia Paling Setia dengan Klubnya

TURIN, ITALY - MAY 13:  Alessandro Del Piero of Juventus FC celebrates with the Serie A trophy after the Serie A match between Juventus FC and Atalanta BC at Juventus Stadium on May 13, 2012 in Turin, Italy.  (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images)

Mengumpulkan pundi-pundi harta. Itulah yang mungkin ada di kepala para pemain sepakbola dunia. Dan itu menjadi alasan kenapa banyak sekali pemain sepakbola yang berpindah klub. Ditawari dengan gaji yang lebih tinggi membuat mereka tidak ragu untuk pergi dari klub lama dan bergabung dengan klub baru.

Namun, tidak semua para pemain bintang hanya memburu harta. Ada 5 pemain sepakbola yang sangat setia dengan klubnya. Walaupun diiming-imingi dengan tawaran gaji yang lebih tinggi, mereka sama sekali tidak ingin hijrah ke klub yang memberi tawaran tersebut. Lalu, siapakah kelima pemain tersebut?

Yang pertama adalah Pele. Siapa yang tidak kenal dengan Pele. Para pecinta sepakbola yang masih muda pun tahu sepak terjang pemain asal Brasil ini. Ia tidak hanya bersinar dengan Timnas Brasil, tapi juga klubnya Santos.

Pada masa keemasannya, Pele di tawar oleh tiga klub Eropa papan atas, yaitu Real Madrid, Juventus, dan Manchester City. Tawaran dari ketiga klub tersebut ditolak oleh sang bintang. Bahkan, Juventus yang kabarnya sudah mendapatkan sokongan dana dari pabrikan asal Italia, Fiat untuk memboyong pemain terbaik Brasil tersebut harus gigit jari. Kesepatakan memang hampir saja deal. Namun, sangat pemain menyatakan bahwa hatinya berada di Santos.

Yang kedua adalah Alessandro Del Piero. Meski sekarang pemain yang satu ini tidak lagi bermain bersama Juventus, para pecinta sepakbola tahu persis bagaimana peran Del Piero bersama klub berjuluk Si Nyonya Tua tersebut. Bias dikatakan, jika mereka mendengar Del Piero, mereka pasti mengkaitkannya dengan Juventus.

Pemain ini memang hebat. Pasalnya, Del Piero berhasil menyingkirkan pemain sekaliber Roberto Baggio. Pada waktu itu, Baggio merupakan sosok yang dielu-elukan oleh para fans Juventus. Namun, kedatangan Del Piero membawa cerita lain. Del Piero lah yang menjadi pujaan baru para fans.

Yang ketiga adalah Carles Puyol. Bek pendek namun kekar Barcelona ini memang sudah tidak lagi berseragam El Barca. Namun, karirnya sangat mentereng. Ia memulai karirnya bersama Barcolana dan gantung sepatu juga bersama Barcelona. Pada tahun 2003, ia sempat ditawar oleh Manchester United. Pada waktu itu, siapapun ingin bergabung dengan klub penguasa Inggris tersebut. Namun, tidak dengan Puyol.

Yang keempat adalah Ryan Giggs. Dua dekade bukanlah waktu yang singkat bagu Giggs berseragam merah, Manchester United. Setelah berhasil menembus tim senior, hati Giggs sudah tertambat pada klub berjuluk Setan Merah ini.

Pada tahun 2003, Giggs diiming-imingi oleh Presiden Inter Milan, Massimo Moratti dengan nilai transfer yang fantastis kala itu. Namun tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh sang pemain. Dengan akhirnya memutuskan gantung sepatu bersama United, Giggs tercatat sebagai salah satu pemain sepakbola dunia paling setia dengan klubnya.

Yang kelima adalah Paolo Maldini. Pemain yang satu ini identik sekali dengan klub AC Milan. Mulai berjaya sampai pernah terpuruk, Maldini setia bersama AC Milan. Tercatat pemain ini membela klubnya ketika usainya baru menginjak 16 tahun. Saat ini, ia memang sudah tidak lagi menjadi pemain, tapi bias dikatakan kontribusi masih ada untuk klub yang sudah membesarkan namanya tersebut.

Itulah kelima pemain sepakbola dunia paling setia dengan klubnya. Jadi, tidak semua pemain sepakbola kelas dunia itu selalu pindah-pindah klub hanya untuk mengejar materi saja. Justru ketika mereka setia, para fans akan selalu mengenangnya.